Orang Pintar Nggak Cuma dari Jawa, Siswa SMPN 1 Kelapa Kampit Ini Diterima di SMA Pradita Nusantara

Orang Pintar Nggak Cuma dari Jawa, Siswa SMPN 1 Kelapa Kampit Ini Diterima di SMA Pradita Nusantara

Diandra Satria Adhitama (Ketiga dari kanan) diapit oleh orang tua, guru dan kepala sekolah saat foto bersama di momen kelulusan.--Istimewa

KELAPA KAMPIT, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Diandra Satria Adhitama (15) anak pasangan Aripin dan Dewi Kristina terpilih dan menjadi satu-satunya mewakili Bangka Belitung untuk bersekolah di SMA Pradita Nusantara Yayasan TNI Angkatan Udara di Solo, Jawa Tengah.

Diandra, sapaan akrabnya, diterima setelah mengikuti seleksi daerah di Lanud HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan dan berlanjut seleksi di SMA Pradita Nusantara bersaing dengan siswa terbaik se Indonesia.

"Awalnya tahu SMA itu kan diajak dari kawan gitu tapi karena ada beberapa syarat yang tidak dilengkapi kawan, jadi saya sendiri kan gitu terus (lanjut mengikuti seleksi)," ujar Diandra saat ditemui usai pelepasan siswa Kelas 9 SMP Negeri 1 Kelapa Kampit, Selasa (30/5) kemarin.

Ia mengatakan, hasil tes daerah yang dilaksanakan di Lanud HAS Hanandjoeddin sebenarnya tidak lolos namun beberapa hari sebelum Idul Fitri, Diandra mendapat panggilan langsung dari Jakarta dan dinyatakan lolos karena ada kuota tambahan daerah. Selanjutnya, pada verifikasi seleksi kedua dia dinyatakan lolos dan diberangkatkan pada tanggal 29 April ke Solo, Jawa Tengah.

Di sana, Diandra kembali harus bersaing dengan ratusan peserta dari seluruh Indonesia. Antara lain mengikuti tes Keswa, kemampuan akademik dan psikotes yang semuanya berbahasa Inggris.

BACA JUGA:Terpilih Wakili Indonesia ke Jepang, Siswa SMAN 1 Manggar Bikin Bangga Bangka Belitung

"Tesnya mulai sekitar tanggal 2 Mei sampai tanggal 5 Mei, 4 hari kan di sekolah SMA Pradita Nusantara dan kita menggunakan bahasa Inggris tesnya. Terdiri dari ada keswa, tes kesehatan, tes akademik dan psikotes," sebut Diandra.

Setelah mengikuti serangkaian tes, Diandra pulang dan pada hari Senin pekan lalu namanya diumumkan sebagai peserta yang lulus dan diterima bersekolah di SMA Pradita Nusantara.

Diandra mengaku, kedua orang tuanya sangat mendukung keputusannya bersekolah di luar daerah. Saat ini, ia mulai bersiap-siap berangkat dan tinggal di Asrama selama pendidikan.

"Berdoa terus dan menguatkan mental. Ya lebih meningkatkan belajar lagi karena kan saingannya bukan orang-orang biasa asalnya orang pintar dan nggak cuma dari Jawa tapi ada juga di daerah lain dan mereka kan termasuk siswa terbaik di Indonesia," ungkap Diandra saat ditanya persiapannya.

Diandra berharap, sekolah yang dipilihnya akan menjadi langkah awal selanjutnya untuk bersekolah lebih tinggi. Apalagi, ia mengetahui bahwa lulusan SMA Pradita Nusantara rata-rata berkuliah di Universitas terbaik di Indonesia bahkan di luar negeri.

"Kuliahnya itu berdasarkan kurikulum luar negeri gitu. Jadi fasilitasnya bagus juga dan orang tua sih mendukung-dukung saja," kata Diandra.

BACA JUGA:Minta Dukungan, Carissa Muten Wakili Babel di Ajang Miss Teenager 2023

Orang tua Diandra, Dewi Kristina mengaku perasaannya campur aduk antara bangga bahagia dan sedih saat mengetahui anak tunggalnya diterima bersekolah di SMA Pradita Nusantara. Di satu sisi, Diandra sejak kecil tidak pernah berpisah jauh dari kedua orang tuanya namun beruntungnya adalah sekolah di kota Solo yang juga kampung halaman Dewi Kristina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: