Hasil Beliadi Koordinasi ke Kemendikbudristek, Program Beasiswa Rp6,4 Miliar Tidak Terealisasi di Babel

Hasil Beliadi Koordinasi ke Kemendikbudristek, Program Beasiswa Rp6,4 Miliar Tidak Terealisasi di Babel

Beliadi Koordinasi Program Beasiswa ke Kemendikbudristek RI-ist-

Menurutnya, beasiswa kuliah di dalam negeri ada Program KIP Kuliah yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi para siswa yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

BACA JUGA:Pemkab Belitung Sediakan Beasiswa Penuh Kuliah di Ibn Khaldun Bogor, Berikut Kriteria dan Syaratnya

Bantuan biaya pendidikan diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga kurang mampu melalui program D3 dan S1.

Selain program KIP Kuliah juga terdapat Program Indonesia Pintar (PIP) bagi siswa mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA/SMK bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk dari Bangka Belitung.

Bangka Belitung berdasarkan data penerima PIP tahun 2022 mendapat bantuan sebesar Rp30.857.400.000 untuk 56.772 pelajar, tetapi yang terserap hanya Rp24.401.857.000.

"Yang terserap hanya sebanyak 45.336 pelajar. Sehingga terdapat kehilangan bantuan sebesar Rp6.455.343.000 atau sebanyak 11.436 pelajar,” jelasnya.

Senada disampaikan Pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Tegus PS yang membidangi program beasiswa tersebut.

BACA JUGA:Bupati Belitung Kembali Menjadi Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online 2023

Teguh menyampaikan bahwa kendala yang banyak dihadapi adalah terkait kurangnya sosialisi dan koordinasi, sehingga lambannya informasi yang diteruskan Dinas Pendidikan setempat.

Lambannya informasi kepada pelajar karena dalam proses Beasiswa harus melalui data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu juga harus mendapat rekomendasi dari sekolah dilanjutkan Dinas Pendidikan setempat. Setelah itu Kementerian akan menerbitkan SK Nominasi yang harus diaktivasi oleh setiap pelajar melalui Aplikasi SIPINTAR.

"Aplikasi ini dapat didownload melalui Playstore Hp Android dengan password Nomor Induk Siswa Nasional bagi pelajar tersebut, Karena tanpa Aktivasi maka proses pencairan tidak bisa dilakukan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: