Jangan Dibuang, Ini Manfaat Luar Biasa Daun Sukun untuk Obat Berbagai Penyakit

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Luar Biasa Daun Sukun untuk Obat Berbagai Penyakit

Ilustrasi: Manfaat Luar Biasa Daun Sukun untuk Obat Berbagai Penyakit--

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Daun sukun sering kali dibuang begitu saja, padahal manfaat daun sukun untuk obat penyakit dan kesehatan ternyata luar biasa. 

Sedangkan buah sukun atau bahasa latinnya (Artocarpus altilis) selama ini banyak dimanfaatkan untuk cemilan seperti keripik atau gorengan.

Selain itu buah sukun juga baik untuk kesehatan dan kecantikan seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah anemia, menyehatkan sistem pencernaan hingga membuat kulit lebih sehat.

Namun siapa sangka, kebanyakan dari kita mungkin tidak banyak mengetahui manfaat dari daun sukun itu sendiri. 

BACA JUGA:6 Khasiat Air Rebusan Daun Pepaya yang Jarang Orang Ketahui

BACA JUGA:10 Manfaat Mengkonsumsi Daun Kelor untuk Kesehatan, Salahnya Satu untuk Bayi

Nah kali ini Belitong Ekspres akan menjelaskan manfaat dari daun sukun yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak usalannya.

Daun sukun bermanfaat untuk mengobati penyakit ginjal, asam urat, menurunkan kadar kolesterol, mengobati sakit jantung hingga menurunkan kadar gula darah.

Manfaat daun sukun untuk kesehatan ini diperoleh dari kandungan yang dimiliki seperti mengandung unsur polifenol, asam hidrosionat, quercetin dan artoindosionin.

Tak hanya itu, daun sukun juga sangat bermanfaat karena mengandung unsur hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. 

BACA JUGA:Bukan Sekedar Tanaman Hias, Inilah Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan dan Ramuan Obat Tradisional

BACA JUGA:9 Khasiat Kesehatan Daun Mangga yang Sering Diabaikan Karena Dianggap Tidak Bermanfaat!

Senyawa lainnya dari kandungan daun sukun yaitu ortoindonesionin dan quercetin termasuk dalam kelompok senyawa flavonoid. 

Keduanya memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dalam tubuh dan sering digunakan dalam formulasi obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: