Bukan Sekedar Tanaman Hias, Inilah Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan dan Ramuan Obat Tradisional

Bukan Sekedar Tanaman Hias, Inilah Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan dan Ramuan Obat Tradisional

Manfaat Daun Miana Bagi Kesehatan Tubuh dan Sebagai Bahan Obat Tradisional-Grafis/BE-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Bukan hanya cuma sekedar tanaman untuk mempercantik halaman rumah, daun Miana ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Daun Miana yang dikenal orang sebagai tanaman hias, dipercaya sebagai bahan ramuan obat untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya sebagai bahan obat tradisional.

Penasaran apa saja manfaat daun tanaman hias miana yang digandrungi sebagian kaum emak-emak bagi kesehatan tubuh? Anda bisa menyimak rangkum dalam artikel sampai selesai.

Tanaman Miana

Miana, atau lebih dikenal dengan nama ilmiahnya Coleus blumei, adalah tanaman yang sering dibudidayakan sebagai tanaman hias. Daun Miana memiliki berbagai warna yang menarik, termasuk kuning, hijau, merah, merah muda, dan ungu.

BACA JUGA:9 Khasiat Kesehatan Daun Mangga yang Sering Diabaikan Karena Dianggap Tidak Bermanfaat!

BACA JUGA:5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirsak Bagi Kesehatan, Salah Satunya Atasi Insomnia

Keberagaman warna ini disebabkan oleh pigmen yang ada dalam daun tersebut. Pola warna pigmen dalam daun ini ditentukan oleh faktor genetik dan juga dipengaruhi oleh lingkungan serta cahaya.

Kemampuan tanaman ini untuk menghasilkan berbagai warna, bentuk, dan pola pada daunnya membuat banyak orang tertarik untuk menjadikannya sebagai tanaman hias. Salah satu varietas Miana yang paling terkenal adalah yang memiliki daun berwarna merah kecoklatan dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Kesehatan dari Daun Miana

Berdasarkan kutipan dari sebuah disertasi yang berjudul "Efek Ekstrak Daun Miana Ungu Terhadap Beban Bakteri dan Ekspresi Gen mRNA Interleukin-10 pada Tikus Wistar yang Diinduksi," daun dan batang tanaman miana mengandung minyak atsiri. 

Selain itu, daun miana juga kaya akan kandungan fenol, lemak, phytosterol, forskolin, dan kalsium oksalat yang memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan. Di bawah ini, kami akan mengulas beberapa manfaat utama dari daun miana yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA:Bangka Tengah Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Teh Daun Pelawan

BACA JUGA:Khasiat Obat Daun Lada Penghancur Batu Ginjal Hingga Menjaga Lambung, Ini Cara Meramunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: