Asam Urat dan Kolesterol Adalah Penyakit Berbeda, Kenali Ciri-Ciri Keduanya

Asam Urat dan Kolesterol Adalah Penyakit Berbeda, Kenali Ciri-Ciri Keduanya

Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol--Pixabay.com

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Tahukan anda bahwa penyakit asam urat dan kolesterol tidaklah sama alias berbeda. Bahkan saya pun awalnya menganggap keduanya adalah sama karena gejala hingga penyebab hingga cara penanganannya nyaris sama.

Namun meski berbeda, kedua penyakit ini biasanya saling berkaitan, karena mereka yang mengidap penyakit asam urat biasanya mengalami masalah yaitu kolesterol tinggi. Ini disebabkan oleh fakta bahwa penyebab kedua masalah kesehatan ini sering kali sama, yaitu pola makan yang tidak sehat.

Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol

Kolesterol adalah komponen kunci dalam sel otak dan saraf yang memiliki peran penting dalam pembentukan berbagai senyawa vital dalam tubuh. Sama-sama, baik asam urat maupun kolesterol berfungsi untuk menjaga stabilitas kinerja tubuh manusia. Sedangkan, Asam Urat merupakan produk akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang dibersihkan melalui ginjal.

Akan sangat berguna bagi anda mengenal tanda-tanda kolesterol tinggi maupun tanda-tanda asam urat tinggi yang sering terjadi. Sebab jika tidak mengetahui tanda dari kedua penyakit berbeda tersebut, sangat mungkin akhirnya memicu penyakit kronis yang berbahaya. 

BACA JUGA:Asam Urat dan Kolesterol Adalah Penyakit Berbeda, Kenali Ciri-Ciri Keduanya

Simak tanda-tanda penyakit asam urat dan kolesterol yang wajib anda ketahui!

Mudah Capek dan Lelah

Orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi akan merasa lelah bahkan tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini dikarenakan penghambatan aliran darah menuju otak yang terjadi sehingga membuat mereka yang mengidap gejala kolesterol ini menjadi sulit berkonsentrasi hingga mudah mengantuk dan lelah.

Nyeri Sendi

Gejala yang paling umum dialami oleh banyak orang pada awal masalah asam urat dan kolesterol adalah nyeri pada sendi yang disertai pembengkakan dan kemerahan. Selain itu, penderita asam urat dan kolesterol sering mengalami kesemutan secara berulang. Penting untuk mengatasi gejala ini dengan benar dan tepat agar tidak semakin memburuk.

Kadar Kolesterol Melebihi Batas

Banyak pakar atau ahli berpendapat bahwa kadar kolesterol yang dianggap normal bagi orang dewasa adalah sekitar 160-200 miligram per desiliter darah. Mereka yang memiliki kadar kolesterol di atas 240 miligram per desiliter darah diklasifikasikan sebagai orang yang mengalami tingkat kolesterol yang tinggi.

BACA JUGA:Jangan Khawatir Kolesterol Tinggi, Ini Daftar Seafood yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: