HPN 2024, PWI Belitung: Pers Berperan Penting Wujudkan Pemilu Damai

HPN 2024, PWI Belitung: Pers Berperan Penting Wujudkan Pemilu Damai

Ketua PWI Kabupaten Belitung, Bastiar Riyanto--

Menurut dia, HPN adalah hari untuk memperingati HUT PWI dan ditetapkan berdasarkan Keppres Nomor 5 tahun 1985 oleh Presiden Soeharto.

BACA JUGA:Dispora Umumkan Pemenang Popda Belitung 2024, Ini Juaranya

Sejarah Hari Pers Nasional pertama kali diselenggarakan pada 9 Februari 1985 di Gedung Utama Pekan Raya Jakarta. Gagasan tentang Hari Pers Nasional muncul pada Kongres ke-16 PWI di Padang, Sumatra Barat, tahun 1978.

Salah satu keputusan kongres saat itu adalah mengusulkan agar pemerintah menetapkan tanggal 9 Februari, yang merupakan hari lahir PWI, sebagai HPN.

Usulan ini akhirnya disetujui oleh Presiden Soeharto dan ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional melalui Keppres Nomor 5 tahun 1985.

“Pada tanggal 23 Januari 1985, Presiden Soeharto menandatangani penetapan Hari Pers Nasional. Berdasarkan penetapan tersebut, pers nasional memiliki peran penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila,” jelasnya.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Mobil Bekas Murah di Tahun 2024: Harga Mulai dari 60 Jutaan

“Selamat Hari Pers Nasional dan HUT k-78 PWI. Semoga dengan memperingati hari Pers, kebebasan pers dan kemerdekaan pers selalu jaya di Negeri Tercinta ini. Kemerdekaan pers harga mati,” tutup Bastiar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: