Jokowi Nyoblos di TPS 010 Gambir, Megawati dan Puan di Kebagusan Pasar Minggu

Jokowi Nyoblos di TPS 010 Gambir, Megawati dan Puan di Kebagusan Pasar Minggu

Presiden Joko Widodo--Disway.id

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Pada Rabu, 14 Februari 2024, Presiden Joko Widodo didampingi oleh ibu negara, Iriana Jokowi, melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 010 atau lebih tepatnya di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Gambir, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri beserta putrinya Puan Maharani, melakukan pencoblosan di TPS 053 di wilayah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Jokowi, mengenakan kemeja panjang putih dan celana hitam, sedangkan Iriana mengenakan setelan pakaian hijau, tiba di TPS pada pukul 08.40 WIB. Setelah kedatangan di TPS, keduanya menuju ke meja registrasi untuk selanjutnya duduk di kursi menunggu panggilan.

Usai dipanggil, Jokowi kembali ke meja untuk mengambil surat suara. Setelah mengambil surat suara tersebut, Jokowi membuka dan menunjukannya ke awak media dan langsung masuk ke bilik suara.

BACA JUGA:Daftar Gaji Terbaru Pegawai Bawaslu yang Naik dan Disahkan Jokowi Jelang Pemilu 2024

Setelah mencoblos, Jokowi memasukkan surat suara tersebut ke dalam kotak surat suara sesuai dengan kategori masing-masing, lalu menclupkan jarinya ke tinta dan menunjukkannya kepada awak media.

Sementara itu, warga mulai datang ke TPS 053 di wilayah Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tempat Megawati Soekarnoputri beserta putrinya Puan Maharani akan melakukan pencoblosan. 

Selain Megawati dan Puan, suami dari Puan Maharani, Absoro, Putra Kedua dari Megawati, Prananda Prabowo beserta istri juga menggunakan hak pilih mereka di TPS ini.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat telah melakukan persiapan pengambilan suara sejak pukul 07.00 WIB. 

BACA JUGA:Pernyataan Sikap: Masyarakat Belitong di Perantauan Kecam Intervensi Presiden Jokowi Terhadap Konstitusi

Sekitar satu jam kemudian, petugas KPPS memulai proses pemungutan suara sesuai dengan urutan warga yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Terlihat puluhan awak media telah berkumpul di sisi kiri dari tempat warga menunggu giliran menuju bilik suara. Selain itu, beberapa petugas dari Kepolisian berjaga di sisi luar TPS sementara hujan gerimis turun sejak pagi.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS ini mencapai 284 orang. Megawati menggunakan hak suaranya dengan nomor urut pemilih 111, sedangkan Puan dengan nomor urut 212.

BACA JUGA:Kaesang dan Jokowi Efek, PSI Belitung Optimis Lolos Parlemen di Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber