Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024 di Belitung: Prabowo-Gibran Unggul Jauh

Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024 di Belitung: Prabowo-Gibran Unggul Jauh

Suasana PSU Pilpres 2024 di Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Belitung, Minggu 18 Februari 2024--

Hasil PSU di Dua TPS

PSU di Belitung hanya meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden. Pemilihan calon legislatif, baik DPRD Kabupaten, Provinsi, maupun RI, tidak dilakukan ulang.

Begitu juga dengan pemilihan anggota DPD RI. Menurut Melly Triani, untuk data pemilih yang digunakan juga tetap sama dengan data sebelumnya.

Hasil PSU di TPS 001 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan, pasangan nomor urut 1 mendapat 43 suara, pasangan nomor urut 2 unggul 129 suara dam pasangan nomor urut 3 hanya 41 suara.

BACA JUGA:Tersangka Kasus Korupsi Timah di Babel Terus Bertambah, Kini Sudah 10 Orang

BACA JUGA:Syarat dan Kriteria UMKM yang Bisa Dapat Pinjaman KUR BRI 2024

Sementara di TPS 006 Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, asangan nomor urut 1 hanya 17 suara, pasangan nomor urut 2 sebanyak 136 suara dan pasangan nomor urut 3 mendapat 26 suara.

Dari hasil PSU tersebut, terlihat bahwa pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suara terbanyak di dua TPS tersebut.

Pasangan ini berhasil mengalahkan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan selisih yang cukup besar.

Dampak PSU Terhadap Hasil Akhir Pilpres

PSU di Belitung tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil akhir Pilpres 2024. Pasalnya, jumlah pemilih yang terlibat dalam PSU hanya sekitar 400 orang.

BACA JUGA:Jenis-jenis Usaha yang Tidak Layak Dapat Pinjaman KUR BRI 2024, Anda Wajib Tahu!

BACA JUGA:PPK Gantung Gelar Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024

Meski begitu, PSU tetap menjadi bukti bahwa KPU Kabupaten Belitung berkomitmen untuk menjaga integritas dan kredibilitas pemilu.

Selain itu, PSU juga menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dan tertib dalam melaksanakan pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: