Presentase Penduduk Miskin Beltim, Kategori Miskin Ekstrem Paling Banyak Ada di Desa Ini

Presentase Penduduk Miskin Beltim, Kategori Miskin Ekstrem Paling Banyak Ada di Desa Ini

Ketua TKPK Kabupaten Beltim, yang juga wakil Bupati Khairil Anwar.-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Persentase penduduk miskin di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengalami penurunan signifikan pada tahun 2022.

Bahkan, presentase penduduk miskin ekstrem Kabupaten Beltim terendah kedua dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Penduduk miskin ekstrem Kabupaten terendah kedua se-Provinsi Babel terlihat berdasarkan data yang dirilis Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Kemiskinan ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar. Yaitu, kebutuhan makanan, air minum bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, dan akses informasi.

BACA JUGA:Mobil Sehat PT Timah Banyak Berikan Manfaat, Ini Harapan Kepala DKPPKB Belitung Timur

BACA JUGA:Capaian Penurunan Angka Kemiskinan 2022 Bukti Keberhasilan Kinerja Pemda Beltim

Tidak hanya pendapatan, penduduk miskin ekstrem juga terbatas akses pada layanan sosial. Di Kabupaten Beltim saat ini terdapat 11.403 individu penduduk yang masuk kategori miskin ekstrem.

Jumlah itu terlihat dalam rekapitulasi data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) 39 desa yang dibagikan Tim Kooordinasi Penanggulangan Kemisikinan (TKPK)  Kabupaten Beltim.

Data tersebut dibagikan dalam Rakor TKPK Daerah dan Penyerahan Data P3KE di Ruang Rapat Gunung Lumut Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Beltim Kamis (12/1/2023).

"11.403 individu pada 2.867 Kepala Keluarga masuk desil 1 atau kategori miskin ekstrem. Individu atau keluarga ini harus jadi sasaran utama P3KE," kata Ketua TKPK Kabupaten Beltim, yang juga wakil Bupati Khairil Anwar.

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Beltim 2022 Turun, Penurunan Tertinggi se-Provinsi Babel

BACA JUGA:Kasus Pencurian Sepeda Motor Sepakat Damai di Polres Belitung

Dari Rekapitulasi data P3KE, Desa Baru Kecamatan Manggar paling banyak individu yang masuk dalam kategori miskin ekstrem yakni sebanyak 1.742 individu pada 405 keluarga. Sedangkan Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar yang paling sedikit yakni 32 individu pada 6 keluarga.

Selanjutnya pemerintah Desa di Kabupaten Beltim harus memverifikasi dan memvalidasi data penduduk kategori miskin ekstrem sebelum 30 Januari 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: