Kapal Roro Dihentikan Sementara Karena Cuaca Buruk, Bagaimana Dengan Express Bahari?

Kapal Roro Dihentikan Sementara Karena Cuaca Buruk, Bagaimana Dengan Express Bahari?

Kapal Express Bahari yang tetap berlayar dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok menuju Pelabuhan Bom Baru, Kota Palembang--

MUNTOK, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Aktivitas pelayaran kapal Roro dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok tujuan Pelabuhan Bom Baru, Kota Palembang, dihentikan sementara. 

Pelayaran kapal Roro dihentikan sementara oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VII Provinsi Sumsel Babel, sejak Minggu (29/1/2023), akibat cuaca buruk.

Berbeda hal dengan Kapal Cepat Express Bahar yang di bawah naungan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

KSOP memberikan izin Kapal Express Bahari dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok tujuan Pelabuhan Bom Baru, Kota Palembang, tetap melakukan pelayaran seperti biasa.

BACA JUGA:Pemilu 2024, Wali Kota Pangkalpinang Dapat 'Golden Tiket' dari Rudianto Tjen

BACA JUGA:Bupati Beltim: Ritel Modern Bagian Pertumbuhan Ekonomi, Masyarakat Sudah Cerdas Berbelanja

Petugas Keselamatan Berlayar KSOP Muntok Bambang, mengatakan pihaknya mengizinkan kapal Express Bahari tetap berlayar karena sesuai keputusan nakhoda kapal.

"Melakukan pemberangkatan itu kan dari Palembang dan kita dari pagi sudah melakukan komunikasi dengan nakhoda kapal. Intinya kalau kita dari nakhoda, kalau mereka sanggup untuk berlayar, kita izinkan, tapi juga harus melihat situasinya, tidak harus memaksakan," kata Bambang, Senin (30/1/2023).

Lebih lanjut Bambang mengatakan, terkait keputusan berlayar diserahkan kepada nahkoda kapal. Sebab mereka lebih paham karakter kapal dan situasi di laut.

"Kalau cuaca buruk di sini, kita tidak akan memberangkatkan dari sini. Kita melihat pantauan BMKG dan melihat langsung kondisi cuaca di lautan," jelas Bambang.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrem Gelombang Tinggi, KSOP Tanjungpandan Kembali Keluarkan Surat Himbauan

BACA JUGA: Transaksi Pasar Tani DKPP Belitung 2022 Capai Rp 89,1 Juta, Tahun Ini Berlanjut Lagi

Terus mereka inikan kapal cepat, jadi di laut nggak lama paling sekitar 45 menit di laut, beda dengan Feri yang 3 jam di laut sebelum masuk sungai. Juga siap putar balik apabila tidak memungkinkan untuk berlayar," sambungnya.

Terpisah, Kapten Kapal Cepat Express Bahari, Saroha Butarbutar mengatakan kondisi cuaca di tengah perjalanan dari Pelabuhan Bom Baru, Palembang ke Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok aman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babelpos.id