Targetkan Transisi Energi Tahun 2060, Pemerintah Lakukan Hal Ini

Targetkan Transisi Energi Tahun 2060, Pemerintah Lakukan Hal Ini

Menteri ESDM, Arifin Tasrif -Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Semakin menipiskan energi yang bersumber dari fosil membuat negara-negara di dunia mulai mengalihkan sumber energi mereka kearah energi baru terbarukan (EBT). 

Indonesia sendiri menargetkan transisi energi dan target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060. Guna mencapai target tersebut, langkah dan upaya sudah mulai dilakukan saat ini.

Program yang saat ini sudah dan sedang dilakukan secara masif adalah pengembangan EBT, retirement PLTU, pelaksanaan co-firing biomassa pada PLTU, konversi PLTD ke PLTG dan PLT EBT, pelaksanaan mandatori B35 dan B40, penerapan CSS/CCUS, percepatan program kendaraan listrik dab program elektrifikasi di rumah tangga.

Dikutip dari AntaraNews.com, Menteri ESDM, Arifin Tasrif menegaskan pentingnya percepatan transisi energi untuk mencapai Net Zero Emissions bahkan hingga keluar negeri.

BACA JUGA: PLN Operasikan ALMA di Pelabuhan Tanjung Ru Belitung, Dukung Ekonomi Maritim dan Beralih ke Energi Bersih

BACA JUGA:Antisipasi Kenaikan Harga, Pemprov Terbitkan Surat Edaran HET Beras di Bangka dan Belitung

Indonesia mendorong penyediaan energi bersih di kawasan Asia Tenggara melalui Keketuaan ASEAN tahun ini. Salah satu keberhasilan Indonesia adalah mendorong lahirnya Deklarasi Bersama tentang Ketahanan Energi Berkelanjutan melalui interkonektivitas Power Grid dan Trans-ASEAN Gas Pipeline.

"Kementerian ESDM optimis untuk melaksanakan semua program-program energi bersih yang menjadi energi masa depan," ujar Arifin belum lama ini.

Upaya itu juga diperkuat oleh pernyataan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi ESDM, Yudo Dwinanda Priaadi.

Saat menyampaikan paparan kegiatan UOB Gateway to ASEAN conference 2023 di Jakarta, dia menyatakan Indonesia membutuhkan energi baru untuk efisiensi seperti hidrogen, amonia dan nuklir. 

BACA JUGA:Ternyata Begini Lho Caranya, Tips Bayar Utang Bank Tanpa Uang?

BACA JUGA:Jabatan Kapolda Babel Berganti, Irjen Pol Yan Sultra Dimutasi

Efisiensi ini dimaksudkan agar transisi energi dan target Net Zero Emission di tahun 2060 tercapai. Dia mengatakan komitmen pemerintah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang ditargetlan menjadi sumber energi utama pada tahun 2060.

Sebab itu, pemerintah melalui Kementerian ESDM terus meningkatkan pasokan baterai listrik guna menyimpan panas dari panel surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: