Dinkes Babel Tekan Stunting dan Angka Kematian Ibu Melalui Gerakan Bumil Sehat

Dinkes Babel Tekan Stunting dan Angka Kematian Ibu Melalui Gerakan Bumil Sehat

Gerakan Bumil Sehat sebagai upaya menekan angka stunting dan angka kematian Ibu digelar di Aula Kantor Camat Manggar, Kamis (22/12)-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Gerakan Ibu Hamil (Bumil) Sehat sebagai upaya menekan angka stunting dan angka kematian Ibu digelar di Aula Kantor Camat Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Kamis (22/12).

Kegiatan Gerakan Bumil Sehat dalam rangka momentum peringatan Hari Ibu Nasional ke-94 tahun 2022, digelar Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dinkes Babel).

Secara serentak kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (22/12) di seluruh Indonesia dan merupakan bentuk dukungan kepada ibu hamil menjadi ibu yang lebih sehat dan bahagia.

Acara dibuka dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Belitung Timur yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Sayono. 

BACA JUGA:Operasi Lilin Menumbing 2022, Polres Beltim Waspadai Lima Potensi Gangguan

BACA JUGA:Warga Belitung Timur Antusias Membeli Sembako Murah Disperindag Babel

Kepala Dinkes Babel melalui Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Rita Agustina mengatakan, Gerakan ini sebagai bentuk kampanye pemerintah yang menyasar ibu hamil agar lebih peduli terhadap kesehatan.

“Kegiatan ini bagaimana upaya kita menjadikan bumil-bumil sehat dan upaya kita mengkampanyekan agar para ibu ini care. Agar stakeholder, lintas sektor dan semua yang ada di masyarakat bisa peduli terhadap ibu hamil sehingga tentunya kita dapat menurunkan angka kematian ibu. Itu sebenarnya yang penting,” kata Rita.

Rita menghimbau kepada para ibu hamil agar dapat melaksanakan arahan yang tercantum pada deklarasi ibu hamil indonesia sehingga tujuan untuk mencegah stunting dan menekan angka kematian ibu bisa tercapai.

BACA JUGA:Dari Belitung Tidak Ada Ekspor Ikan Kerapu Jelang Nataru 2023

BACA JUGA:Polres Belitung Gandeng Ormas Dalam Operasi Lilin Menumbing 2022, Kapolres Imbau Tetap Taati Prokes

“Sesuai deklarasi ibu hamil indonesia bahwa ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan sedikitnya 6 kali selama kehamilan dan 2 kali diantaranya periksa USG dengan dokter, konsumsi gizi seimbang, meminum tablet tambah darah (TTD), mengikuti kelas ibu hamil dan melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan,” ungkap Rita.

Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Belitung Timur yang ditunjuk sebagai lokus pelaksanaan kegiatan Gerakan Bumil Sehat tahun 2022.

“Sebetulnya Beltim ini termasuk lokus untuk angka kematian ibu tetapi bagaimana mereka mengupayakan berbagai inovasi untuk menurunkan angka kematian dan itu berhasil makanya melalui kesempatan ini kita mengapresiasi Kabupaten Beltim sehingga bisa memberikan semangat untuk teman-teman di lapangan agar bisa mengupayakan untuk menurunkan angka kematian ibu,” tutup Rita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim