4 Daerah Paling Kaya di Provinsi Babel, Belitung Nomor Berapa?

4 Daerah Paling Kaya di Provinsi Babel, Belitung Nomor Berapa?

Ilustrasi Rupiah--Jawapos.com

Kedua terkaya adalah Pangkalpinang. Sebagai ibu kota Provinsi, Pangkalpinang merupakan kota terbesar dan terpadat di Bangka Belitung. 

Pangkalpinang merupakan kota pusat pemerintahan, merupakan pusat aktivitas bisnis perdagangan, dan industri di Babel Bumi Serumpun Sebalai. Adapun pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita tahun 2021 mencapai Rp69.308.000 per tahun.

3. Belitung Timur (Beltim)

Ketiga terkaya adalah Belitung Timur. Kabupaten ini masuk menjadi salah satu dari daftar daerah terkaya di Bangka Belitung. Pada tahun 2021 pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita warganya mencapai Rp69.104.000 per tahun. 

BACA JUGA:Posting Kabar Jambret di Facebook, Resti Diperiksa Penyidik Polsek Tanjungpandan

BACA JUGA:Tindak Kejahatan di Belitung Naik, 2022 Kasus Pidana Ini Peringkat Pertama

Kabupaten Belitung Timur pernah menjadi lokasi pertambangan timah sejak masa kolonial Belanda hingga masa Orde Baru. 

Setelah kemerdekaan, usaha pertambangan dijalankan oleh PN Timah.  Tidak heran jika pendapatan masyarakat diwilayah ini termasuk tinggi.

4. Kabupaten Balitung

Terakhir adalah Kabupaten Belitung. Kabupaten ini memiliki ibu kota Tanjungpandan. Sebagai pusat pariwisata, Kabupaten Belitung mampu menggerakan perekonomian warga sekitar. 

Tidak heran jika  pendapatan rata-rata atau PDRB per kapita tahun 2021 sebesar Rp59.803.000 per tahun.  Selain kaya dengan hasil alam, juga dimanjakan dengan akktifitas bisnis di karenakan terdapat banyak pusat wisata. 

BACA JUGA:Liburan Akhir Tahun Belitung, Objek Wisata Alam Batu Mentas Tetap Jadi Primadona

BACA JUGA:Kasus Laka Lantas di Belitung Naik Signifikan, 28 Nyawa Melayang di Jalan Selama 2022

Untuk diketahui, jumlah penduduk di kabupaten ini pada tahun 2021 sebanyak 329.911 jiwa[1] dan kepadatan penduduk 109 jiwa/km². Jadi bisa dihitung berapa pendapatan kabupaten ini jika pendapatan perkapita penduduk lebih dari Rp59.803.000 per tahun.

Realisasi Pendapatan APBD Babel Tertinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: