BNNP Babel Lakukan Tes Urine WBP, Deklarasikan Lapas Tanjungpandan Bersinar

BNNP Babel Lakukan Tes Urine WBP, Deklarasikan Lapas Tanjungpandan Bersinar

Sejumlah instansi saat foto bersama usai deklarasi Lapas Bersinar di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Kamis (23/2/2023)-Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung (Babel), melakukan tes urine kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Selain tes urine WBP guna mencegah masuknya peredaran gelap narkoba, Lapas Tanjungpandan juga mendeklarasikan Bersih Narkoba (Bersinar). Kemudian dikukuhkan Satgas Lapas Bersinar.

Dalam acara deklarasi tersebut dihadiri Kapolres Belitung AKBP Didik Subiyakto, Kapolres Beltim AKBP Arif Kurniatan, Kasi Pidum Kejari Belitung Beni Pranata dan Kapolsek Badau Iptu Niko Panderi.

Kepala BNNP Babel Brigjen Pol MZ Muttaqin mengatakan, dalam hal ini pihaknya telah melakukan tes urine kepada warga binaan dan petugas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

BACA JUGA:PT Timah Dukung Pelaksanaan Muang Jong, Lestarikan Tradisi Suku Sawang Gantung

Hasilnya, negatif. Selain itu, BNNP Babel juga melakukan pemeriksaan di blok yang dicurigai adanya narkoba. Namun anggota juga tidak menemukan adanya indikasi narkoba.

“Hasilnya negatif. Lapas Kelas IIB Tanjungpandan bebas dari narkoba,” kata Brigjen Pol MZ Muttaqin saat diwawancara wartawan.

Brigjen Pol MZ Muttaqien menambahkan, dirinya memberikan apresiasi atas dibentuknya Satgas Bersinar di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. 

“Hal ini sebagai bentuk komitmen kita dalam memberantas peredaran narkotika di lapas,” kata Muttaqien.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Babek Harun Sulianto mengatakan, deklarasi tersebut merupakan komitmen upaya pemberantasan narkoba di lingkungan Lapas.

BACA JUGA:Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Koordinasi Hak Pilih, WBP Bisa Nyoblos di Pemilu 2024

“Ini adalah bagian dari komitmen bersama, kalau sudah diumumkan seperti ini artinya ada keterikatan moral untuk melaksanakan secara sungguh-sungguh,” katanya.

Dia menjelaskan, Kanwil Kemenkumham menjalin kerjasama dengan BNNP Babel guna mencegah dan memberantas peredaran narkoba di lingkungan Lapas tersebut.

“Kami bersepakat menjalin kerjasama dengan BNNP Bangka Belitung yang sudah seperti saudara sendiri dan kami juga terbuka 24 jam kapan saja kawan-kawan BNNP dan Polda mau masuk ke dalam lapas,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: