Mudah, Ini Syarat dan Cara Ajukan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan, Salah Satunya Buat KPR Rp500 Juta

Mudah, Ini Syarat dan Cara Ajukan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan, Salah Satunya Buat KPR Rp500 Juta

Ilustrasi: Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan--

BACA JUGA:Tanpa BPJSTKU, Ini Cara Mudah Meminjam Uang di Akulaku Langsung Cair ke Rekening

  • Belum memiliki rumah sendiri (bukti dengan surat bermaterai).
  • Jika kamu memiliki istri atau suami yang juga peserta BPJAMSOSTEK, hanya satu dari kalian yang boleh mengajukan KPR/PUMP/PRP/KK.
  • Tidak menunggak pembayaran iuran selama masa kredit untuk mendapatkan suku bunga khusus (PRP, KK).

2. Perusahaan Tempat Bekerja Harus Tertib dalam Administrasi Kepesertaan dan Iuran

Setelah kamu menjadi peserta BPJSTK, pastikan perusahaan tempat kamu bekerja juga mematuhi aturan administrasi yang berkaitan dengan kepesertaan dan pembayaran iuran. Iuran BPJSTK harus dibayarkan secara rutin oleh perusahaan.

Kamu dapat memeriksa pembayaran iuran melalui aplikasi JMO di ponsel atau dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung.

3. Terdaftar dalam Minimal Tiga Program (JHT, JKK, JKM)

Untuk mengajukan pinjaman jaminan BPJS Ketenagakerjaan, kamu harus terdaftar dalam minimal tiga program, yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). Selain itu, kamu juga harus aktif membayar iuran bulanan. Jika kamu tidak membayar iuran secara rutin, pengajuan pinjaman mungkin tidak akan disetujui.

BACA JUGA:Cara Upgrade Kelas Perawatan BPJS Kesehatan, Ini Syarat dan Rincian Biaya

BACA JUGA:Mudah, Begini Cara Dapat Kacamata Gratis dari BPJS Kesehatan

4. Bukan dari Perusahaan Daftar Sebagian (PDS)

Perusahaan tempat kamu bekerja sebaiknya bukan termasuk dalam kategori Perusahaan Daftar Sebagian (PDS). PDS adalah perusahaan yang hanya mendaftarkan sebagian karyawan atau pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan, termasuk tenaga kerja, program, atau upah. Biasanya, perusahaan melakukan ini untuk mengurangi biaya, namun hal ini tidak sesuai dengan program BPJSTK.

5. Memiliki Persetujuan dari Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Terkait Persyaratan Kepesertaan

Syarat terakhir untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPJS Ketenagakerjaan adalah mendapatkan persetujuan terkait persyaratan di atas yang harus dibuktikan dengan mengisi formulir rekomendasi. Formulir rekomendasi ini hanya dapat diisi di kantor cabang BPJSTK terdekat.

Selain itu, kamu juga harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada bank penyalur serta peraturan yang dikeluarkan oleh otoritas yang mengatur perbankan. Selain itu, kamu perlu mendapatkan persetujuan dari bank penyalur (KK).

Perlu diingat bahwa pinjaman ini hanya dapat diajukan satu kali selama menjadi peserta. Jika kamu sudah menikah, hanya salah satu dari pasangan yang dapat mengajukan pinjaman.

BACA JUGA:Peserta BPJS Kesehatan Bisa Dapat Gigi Palsu Gratis, Begini Cara Klaim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bpjs ketenagakerjaan